Blower AC Mobil Mati? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

penyebab blower ac mobil rusak

Blower AC mobil rusak atau mati sering kali menjadi masalah pada suatu kendaraan. Hal inilah yang membuat kabin mobil menjadi panas. Sebab blower AC memiliki fungsi untuk menyerap udara yang berada di sekitarnya. Sehingga apabila tidak diatasi dengan segera akan membuat kabin mobil menjadi panas dan juga bisa merusak komponen lainnya.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab blower AC mati dan cara mengatasinya. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai penyebab blower AC mati dan solusi mengatasinya. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Jadi Ini, 8 Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak!

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Blower AC merupakan salah satu komponen dalam mobil yang memiliki peran penting dalam mengatur suhu udara di dalam kabin. Apabila komponen ini rusak akan membuat perjalanan kamu menjadi kurang nyaman. Oleh karenanya, penting sekali untuk paham penyebab blower AC mobil rusak. Simak informasi di bawah ini!

1. Motor Blower AC Mengalami Kerusakan

Penyebab kerusakan yang pertama adalah motor blower AC yang sudah rusak. Hal ini dikarenakan blower AC digerakkan oleh dinamo yang berperan dalam mengubah energi listrik menjadi energi putar. Oleh sebab itu, jika dinamo mengalami kerusakan maka akan berpengaruh terhadap kinerja blower AC. Solusinya, yaitu dengan mengganti dinamo baru. Dengan begitu kinerja blower AC akan berfungsi kembali.

2. Sekring Blower Terputus

Sekring blower yang terputus juga bisa membuat blower AC mati. Sebab, komponen ini memiliki peran dalam mengamankan arus listrik yang akan mengalir ke blower agar tidak terjadi korslet. Meskipun hal ini sering terjadi, terputusnya sekring tidak bisa dianggap sepele.

Karena jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menganggu kinerja mesin. Oleh sebab itu, segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat agar segera diatasi kerusakannya dan usahakan untuk tidak memperbaikinya sendiri. Karena jika terjadi kesalahan malah akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah.

3. Rusaknya Relay Blower

Relay blower yang rusak juga bisa membuat blower AC mati. Sebab, komponen ini memiliki peran sebagai pemisah antara pemakaian listrik yang memiliki daya besar dan kecil. Arus listrik inilah yang akan mengalir dari mesin blower ke AC mobil.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan saklar karena dilewati oleh arus listrik berdaya besar. Jika komponen ini mengalami kerusakan saat saklar diaktifkan, akan membuat arus listrik yang mengalir ke bagian motor blower menjadi terputus. Hal ini akan mengakibatkan blower tidak dapat beroperasi karea tidak adanya aliran listrik.

4. Resistor Blower AC Terputus

Penyebab blower AC rusak, juga bisa disebabkan karena resistor blower AC terputus. Sebab komponen ini memiliki peran dalam menyusun daya tahan listrik yang bisa diatur besar kecilnya resistor. Selain itu, besar kecilnya resistor memiliki pengaruh terhadap kecepatan blower.

Apabila listrik yang menuju ke blower melewati resistor tersebut besar, maka putaran blower akan mengecil dan saat listrik yang mengalir melewati resistor tersebut kecil, blower justru akan cepat berputar. Sehingga apabila resistor tersebut terputus akan mengakibatkan arus listrik yang menuju ke blower juga ikut putus. Hal ini disebabkan karena listrik yang menuju ke blower sebelumnya harus melewati resistor.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa rusaknya blower AC mobil dapat disebabkan karena beberapa hal, yakni motor blower AC yang telah mengalami kerusakan, sekring blower yang terputus, rusaknya komponen relay blower, dan resistor blower AC terputus

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan