Cara Menyimpan Ban Mobil Agar Awet

Cara Menyimpan Ban Mobil Agar Awet

Cara Menyimpan Ban Mobil Agar Awet – Ketika ada promo ban mobil dengan diskon yang sangat sayang dilewatkan, pasti kamu memutuskan untuk membeli lebih banyak ban dari kebutuhan yang dibutuhkan. Tujuan tersebut tentunya untuk menyimpan stok untuk digunakan kembali pada saat waktunya nanti. Melakukan ini tentu saja boleh dilakukan, karena memang kesempatan bagus seperti potongan diskon yang besar tidak datang setiap hari.

Namun, untuk menyimpan ban mobil yang tidak digunakan ada baiknya jangan digeletakkan atau ditumpuk begitu saja. Ketika kamu menyimpan ban mobil dengan cara sembarangan, maka hal tersebut bisa mengurangi performa terbaiknya.

Cara Menyimpan Ban Mobil Agar Awet

Dikutip melalui laman resmi Hyundai Indonesia, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menyimpan ban mobil agar ‘aset’ berharga ini bisa tetap prima pada saat dibutuhkan nanti. Untuk mengetahui selengkapnya, bisa kamu simak di bawah ini :

1. Pasang Dengan Velg

Ada dua kondisi yang bisa kamu perhatikan pada saat ingin menyimpan ban, pertama adalah ban yang sudah terpasang dengan velg, dan kedua adalah ban tanpa velg. Untuk ban mobil yang sudah terpasang velg, ada baiknya kamu gantungkan ban tersebut atau ditumpuk saja. Dengan kondisi ban yang menempel pada velg, kamu tidak dianjurkan untuk menyimpannya dengan posisi vertikal atau berdiri dalam waktu yang lama.

2. Ban Tanpa Velg

Sedangkan untuk ban mobil yang tanpa velg, kamu bisa menyimpannya dengan posisi cara mendirikannya atau diposisikan secara vertikal. Jangan simpan ban tanpa velg ini secara digantung atau ditumpuk. Posisi yang terbaik untuk menyimpan ban tanpa velg adalah dengan berdiri atau posisi vertikal, hal ini dikarenakan posisi ini dinding ban akan tetap kokoh.

3. Perhatikan Usia Pakai

Apabila ban mobil belum pernah kamu pakai semenjak pertama kali kamu beli, maka ban sendiri memiliki waktu kedaluwarsa 5 tahun. Sedangkan apabila ban sudah digunakan, maka usia pakainya pun akan berkurang menjadi tiga tahun saja setelah masa produksi. Ban yang sudah melewati waktu tersebut, maka karetnya akan mulai menjadi getas.

4. Kelembaban & Panas

Adapun hal lain yang perlu kamu ketahui adalah suhu dan juga kelembaban ruang penyimpanan. Pastikan ban disimpan di ruangan yang sejuk dan tidak terpapar matahari secara langsung. Karena apabila ban disimpan di ruangan yang terlalu panas, maka permukaan ban akan menjadi cepat kering dan juga getas.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan