Cara Setel Kopling Mobil Manual dengan Mudah

Cara Setel Kopling Mobil Manual

Cara Setel Kopling Mobil Manual – Apabila Haiser semua memiliki mobil dengan transmisi manual, maka kopling adalah salah satu komponen yang sangat penting yang digunakan untuk mengganti gigi mobil. Peran penting yang dimiliki oleh kopling ini berguna untuk memutuskan tenaga putar yang berasal dari mesin menuju transmisi sehingga perpindahan gigi mobil dapat berfungsi dengan lancar. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Haiser perlu mengetahui cara setel kopling mobil manual dengan benar.

Sebagai informasi, kopling sendiri dapat disetel untuk bisa digunakan dengan lebih nyaman oleh pemilik kendaraan. Jika tidak disetel, maka Haiser tidak akan mendapatkan kenyamanan ketika menginjak kopling mobil. Ingin tahu bagaimana cara setel koplingnya? Berikut bisa Haiser simak di bawah ini :

Cara Setel Kopling Mobil Manual

Setidaknya ada dua poin yang bisa kamu lakukan untuk setel pedal kopling mobil. Yang pertama adalah dari sisi ketinggian pedal kopling, dan kedua adalah dari jarak gerak bebas pedal kopling. Untuk mengetahui kedua poin tersebut, kamu bisa menyimaknya berikut ini.

Setel Ketinggian Kopling Mobil

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyetel ketinggian kopling. Penyetelan ini dapat berguna untuk mengatur jarak antara ujung pedal kopling bagian bawah dengan lantai mobil termasuk karpet mobil. Sebenarnya untuk ukuran terbaik itu bisa mengikuti petunjuk yang ada pada buku manual mobil, berikut cara menyetel ketinggian kopling mobil.

  1. Gunakan kunci pas ukuran 12 atau 14 tergantung dengan ukuran baut dan mur penyetel.
  2. Cari baut penyetel ketinggian yang biasanya terdapat di bagian atas pedal kopling.
  3. Putar mur pengunci kea rah kiri hingga mengendur dan baut penyetel dapat diputar.
  4. Putar baut penyetel ke arah kiri untuk menaikkan ketinggian pedal kopling.
  5. Apabila merasa pedal kopling terlalu tinggi, maka kamu bisa memutar kembali baut penyetel ke arah kanan untuk menurunkan pedal kopling.
  6. Sesuaikan tinggi kopling dengan pedal rem.
  7. Jika dirasa ketinggian sudah pas, maka putar kembali mur pengunci agar baut penyetel kencang dan kokoh.

Setel Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling

Setelah setel ketinggian kopling sudah selesai, kini beranjak untuk menyetel jarak gerak bebas pedal kopling. Pengaturan ini berfungsi untuk membuat kopling tidak terus menerus menempel di flywheel, karena hal tersebut dapat membuat kampas menjadi cepat habis.

Jarak yang disarankan oleh pabrikan adalah sekitar 1,5 cm hingga 3 cm. Ada dua cara yang bisa dilakukan tergantung dengan tipe kopling.

Pedal Kopling Hidrolik

  1. Cari mur pengunci yang biasanya ada di belakang pedal kopling.
  2. Gunakan kunci pas ukuran 8 atau 10 untuk mengendurkannya.
  3. Gunakan tang juga untuk memutar batang pendorong hidrolik searah dengan jarum jam agar memperpendek jarak gerak bebas pada pedal kopling.
  4. Apabila memutarnya ke arah berlawanan jarum jam, maka akan memperpanjang jarak gerak bebas kopling.
  5. Coba atur jarak gerak bebas pedal kopling sesuai dengan arahan yang sudah ditentukan.
  6. Kencangkan mur penyetel dengan menahan terlebih dahulu batang hidrolik agar terkunci dengan sempurna.

Pedal Kopling Mekanikal

  1. Cari mur pengunci yang biasanya ada di bagian belakang pedal kopling, lalu gunakan kunci pas ukuran 10 ataupun 12 untuk mengendurkannya.
  2. Putar mur searah jarum jam untuk memperpendek jarak gerak bebas kopling.
  3. Dan putar kea rah berlawanan untuk memperpanjang jarak gerak bebas pedal kopling.
  4. Atur sesuai dengan saran yang sudah dianjurkan.
  5. Terkadang ada beberapa mur pengunci yang sudah menggunakan sistem self lock sehingga kamu tidak perlu mengencangkannya kembali.

Dan itu di acara setel kopling mobil manual untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal. Ikuti anjuran di atas dengan benar agar kamu dapat merasakan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan