Apa Fungsi Dop Velg Mobil dan Bagaimana Cara Memasangnya?

Fungsi Dop Velg Mobil

Dop velg mobil atau center cap adalah penutup bagian tengah velg yang bisa dipasang atau dilepas secara mudah. Mobil-mobil yang menggunakan dop velg mobil akan terlihat lebih menarik dibandingkan yang tidak memakainya.

Sehingga tidak heran, jika komponen ini banyak dijual di pasaran. Selain memiliki fungsi untuk mendongkrak tampilan luar. Dop velg mobil juga memiliki beberapa fungsi yang lain. Berikut ini fungsi dop velg mobil, simak ya teman-teman Haiser!

Fungsi Dop Velg Mobil

Cara Memasang Dop Velg Mobil
Cara Memasang Dop Velg Mobil

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dop velg merupakan bagian penutup yang terletak pada bagian tengah velg. Biasanya pada bagian dop velg terpasang logo dari perusahaan tersebut. Contohnya dop velg HSR Wheel.

Dop velg HSR Wheel ini bertujuan untuk menambah daya tarik mobil agar mobil kamu terlihat semakin menawan saat dipandang. Selain untuk meningkatkan daya tarik, dop velg juga berfungsi untuk mencegah air dan kotoran velg masuk ke area dalam velg, leher roda, melindungi baut spindle, dan  mencegah terbentuknya karat pada bagian as roda yang menempel pada velg. Sehingga mobil akan terlihat lebih rapi.

Dengan begitu, wajib bagi setiap pemilik kendaraan untuk memasang dop velg pada bagian tengah velg mobil. Berikut ini cara memasang dop velg mobil, simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

Cara Memasang Dop Velg Mobil

Bagi kamu yang ingin membeli dan memasang dop velg agar tampilan luar mobil terlihat lebih menarik. Kamu bisa membeli dan memasang di diler HSR Wheel terdekat di kota kamu. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan alat dan bahan untuk memasangnya dop velg.

Namun, bagi kamu yang ingin memasang sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan dop velg mobil, sesuai dengan keinginan kamu. Bisa berbentuk racing atau standar. Contohnya, dop velg dari HSR Wheel.
  2. Warnai dop velg yang selaras dengan warna bodi mobil agar terlihat lebih menyatu antara bagian velg dengan bodi mobil.
  3. Apabila dop velg merupakan bawaan dari mobil, cara pasangnya akan lebih mudah. Hanya dengan menyiapkan bahan kabel tis yang warnanya sama dengan warna dop velg mobilnya. Setelah itu, tempelkan langsung pada velg standar dan pasang kabel tis melalui velg standar bawaan. Tujuannya agar saat mobil melaju dengan cepat, dop velg mobil tidak lepas.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan