Ingin Beli Ban Bekas? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Ingin Beli Ban Bekas? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Ban mobil yang gundul atau sudah tidak layak pakai harus segera diganti. Akan tetapi, terbatasnya budget terkadang membuat pemilik mobil harus memikirkan solusi alternatif untuk mengatasinya, yaitu dengan membeli ban bekas yang masih layak digunakan dibandingkan dengan ban mobil yang lama.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Ban Bekas

Membeli ban bekas, bukan berarti menerima apa adanya kondisi ban yang ada dengan iming-iming harga murah. Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya agar meminimalisir kerugian lebih besar. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat membeli ban bekas.

Ketahui Ban yang Cocok

Sebelum memutuskan untuk membeli ban bekas, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dulu jenis ban lama yang digunakan. Apalagi jika kamu hanya berniat mengganti ban mobil sebagian. Ketahui alur ban yang sama dengan ban mobil sebelumnya agar tidak mengubah kekuatan cengkraman dari setiap poros roda.

Perhatikan Kondisi Dinding Ban

Memperhatikan kondisi dinding ban adalah hal yang paling mudah dipandang oleh mata. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu secara teliti permukaan dinding ban mobil untuk memastikan ban mobil masih layak pakai. Ciri-cirinya, tidak ada retak-retak kecil di bagian samping ban atau alur ban terlihat masih tebal, kamu bisa mengeceknya menggunakan trik penggunaan uang koin untuk cek ketinggian alur ban dan  untuk memastikan ban tidak retak kamu bisa mencubit dinding samping ban untuk memastikannya pada beberapa spot ban.

Cek Bekas Tambalan

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah mengecek bekas tambalan ban. Sebaiknya hindari ban mobil yang sudah banyak tambalan bannya, sebab ban ini sudah tidak layak dipakai. Selain itu, perhatikan kawat atau belt pada bagian dalam mobil, jangan sesekali membeli jika kawat tersebut ada yang putus.

Ketahui Usia Ban

Setelah memperhatikan kondisi dinding ban layak pakai atau tidak, kamu harus mengetahui usia ban terlebih dahulu karena walaupun kondisinya bagus, kadang ban tersebut usianya sudah tua. Umumnya, usia pemakaian ban maksimal lima tahun sejak tanggal produksi atau tergantung jarak perjalanan yang telah ditempuh. Simpelnya, kamu hanya perlu bertanya pada penjual. Akan tetapi agar tidak mudah ditipu kamu bisa melihat kode produksi di dinding samping ban mobil dan menghindari ban hasil vulkanisir.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan