Kabin Mobil Bau? Begini Cara Mengatasinya

Terdapat bau yang tidak sedap pada bagian kabin mobil tentunya akan sangat mengganggu, tidak hanya kenyamanan pengemudi tetapi juga kenyamanan penumpang. Terlebih lagi bila kamu berprofesi sebagai pengemudi taxi online, kondisi tersebut pastinya menjadi masalah yang sangat vital. Lalu bagaimana mengatasinya?

Kabin Mobil Bau

Cara Mengatasi Bau Pada Kabin Mobil

Langkah paling mudah dan biasa dilakukan oleh para pemilik mobil untuk mengatasi bau pada kabin mobil adalah menggunakan pengharum atau parfum mobil. Namun, sebenarnya cara tersebut tidak effektif, karena:

Parfum Pewangi Kabin Mobil
  • Pengharum atau parfum mobil hanya akan menyamarkan bau

  • Kotoran, kuman, jamur, dan bakteri serta masalah pada kompoonen mobil tidak teratasi

  • Resiko terserang penyakit tidak dapat dihilangkan hanya dengan mengunakan pewangi

Langkah Effektif Hilangkan Bau Pada Kabin

Membersihkan Bagian Kabin Mobil

Kamu bisa membersihkan bagian kabin tersebut sendiri, atau bisa juga menggunakan jasa pencuci mobil.

Menggunakan penyerap bau alami

Cuka: Kalau kamu termasuk orang yang suka merokok dimobil, cuka merupakan penyerab bau yang paling effektif untuk menghilangkan bau yang disebabkan asap rokok. Langkah yang perlu dilakukan adalah menuangkan cuka kedalam baskom dan didiamkan semalaman didalam mobil.

Baking soda: Baking soda cukup ampuh untuk menghilangkan bau busuk yang diakibatkan dari sisa makanan dan minuman yang membusuk dalam mobil. Kamu cukup menaburkan baking soda di tempat-tempat menjadi sumber bau. Setelah beberapa jam, bersihkan baking soda dengan vacum cleaner.

Udara pagi: Buka bagian kaca mobil setiap pagi, sirkulasi udara dan juga panas dari matahari pagi dapat membantu menghilangkan berbagai jenis bau yang terdapat dalam kabin.

Membawa Mobil Ke Bengkel

Faktor penyebab bau pada kabin mobil tidak hanya, kotoran atau sisa-sisa makanan maupun minuman yang terpapar pada karpet, jok atau bagian kabin lainnya. Masalah terhadap salah satu komponen mobil seperti AC, knalpot atau mesin mobil juga bisa menyebabkan bau yang tidak sedap pada mobil. Karena itu, bila cara 1 atau 2 sudah dilakukan tetapi masih terdapat bau yang tidak sedap, segera bawa mobil kamu ke bengkel untuk memeriksakan kondisi mobil.

Semoga solusi diatas untuk mengatasi bau di mobil kamu, bisa bermanfaat. Memiliki mobil dengan kabin dalam kondisi bersih dan harum, selain memberikan kenyamanan juga menjadi lebih sehat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan