Kenapa Mobil Listrik Lebih Ramah Lingkungan?

kenapa mobil listrik lebih ramah lingkungan

Kenapa mobil listrik lebih ramah lingkungan dibanding mobil bensin? karena sumber tenaga utama mobil listrik menggunakan energi listrik yang dinilai lebih ramah lingkungan sebab tidak menghasilkan emisi atau zero emission. Sementara kalau mobil bensin sumber tenaganya berasal dari bahan bakar fosil.

Bahan bakar fosil dinilai lebih membahayakan lingkungan. Sebab pembakaran bahan bakar fosil melepas gas karbon dioksida (CO2) ke atmosfer yang memperkuat efek rumah kaca di Bumi. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya pemanasan global dan iklim yang ekstrem. Sehingga lama kelamaan apabila digunakan terus menerus bisa merusakkan lingkungan.

Oleh karenanya, dengan keberadaan mobil listrik diharapkan bisa menyelamatkan lingkungan. Salah satunya bisa mengurangi pemanasan global. Kenapa mobil listrik dapat mengurangi pemanasan global dan apa dampaknya jika pemanasan global turun? Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan mengapa mobil listrik bisa mengurangi pemanasan global?

Baca Juga: 7 Mobil Listrik di Indonesia yang Bisa Kamu Beli

Alasan Mobil Listrik Bisa Mengurangi Pemanasan Global

Peningkatan gas emisi yang disebabkan kendaraan berbahan bakar bensin bisa merusak lapisan ozon. Hal ini dikarenakan hasil pembakaran bahan bakar bensin menghasilkan gas karbon monoksida yang bisa merusak lapisan ozon.

Semakin banyak jumlah kendaraan berbahan bakar bensin maka semakin banyak karbon monoksida yang keluar. Sehingga lapisan ozon akan menipis dengan cepat akibatnya pemanasan global meningkat.

Oleh karena itu, dengan hadirnya mobil listrik diharapkan bisa mengurangi terjadinya pemanasan global. Sebab mobil listrik tidak mempunyai knalpot. Karena mobil listrik tidak mengeluarkan gas emisi tidak seperti mobil bensin. Gas buang mobil listrik hanya berasal dari penggunaan ban dan rem.

Sehingga relatif lebih aman untuk menjaga kualitas udara yang bebas dari polusi bahan bakar. Selain itu, mobil listrik juga mampu meminimalisir terjadinya efek gas rumah kaca. Hal ini tentu memiliki pengaruh positif terhadap lapisan ozon karena berkurangnya gas karbon.

Selain bisa menghemat pengeluaran lapisan ozon, mobil listrik juga bisa meminimalisir terjadinya pemanasan global yang banyak diakibatkan oleh polusi kendaraan. Bukan hanya itu saja, tekanan pada sistem kesehatan juga akan berkurang karena kualitas udara lebih baik.

Nah itulah alasan kenapa mobil listrik lebih ramah lingkungan daripada mobil bensin. Sehingga untuk mewujudkan kendaraan ramah lingkungan, Pemerintah RI memberikan dukungan penuh terhadap ekosistem mobil listrik.

Diantaranya mendorong perusahaan otomotif untuk memperbanyak produksi mobil listrik, memberikan insentif pajak bagi pengguna kendaraan listrik, dan membangun infrastruktur SPKLU di seluruh pulau yang ada di Indonesia.

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan