Mengenal Arti SAE dan juga API Pada Kemasan Oli

Mengenal-Arti-SAE-dan-juga-API-Pada-Kemasan-Oli

Pada kenyataannya, tidak semua orang mengetahui arti SAE yang tertera pada kemasan oli. Padahal, oli sendiri bukan hanya berfungsi sebagai sistem pelumas saja. Akan tetapi, juga dapat membantu menjaga kualitas dan juga kinerja dari mesin. Namun yang perlu menjadi pertimbangan bahwa kamu harus memilih oli yang tepat untuk mobil kesayangan kamu.

Apa Sebenarnya Arti SAE?

Secara singkatnya, arti SAE sebenarnya adalah suatu badan internasional di mana berfungsi untuk menjelaskan bagaimana tingkat kekentalan dari suatu oli tersebut. Bahkan, juga bisa berguna untuk menunjukkan bagaimana kemampuan oli tersebut dalam menjaga stabilitas kekentalannya. Termasuk, terhadap pengaruh lingkungan bahkan suhu mesin sekali pun.

Dalam hal ini, kamu bisa mengetahui tingkat kekentalan oli tersebut dari besar kecilnya angka indeks SAE-nya. Bila angkanya semakin kecil maka menandakan bahwa oli tersebut semakin cair. Namun bila angkanya semakin besar, maka oli pun akan semakin kental pula. Biasanya, bagi kamu yang tinggal di derah yang suhunya dingin atau pun bersalju maka angka indeks SAE-nya kecil. Adapun, untuk angka indeks ini diikuti dengan huruf W ya!  

Lalu Apa yang Dimaksud dengan API?

Setelah mendapatkan pemaparan yang lengkap mengenai arti SAE di atas, kamu juga perlu mengetahui berkaitan dengan API atau American Petroleum Institute. Nah API sendiri sebenarnya merupakan kode sertifikasi yang berkaitan dengan kualitas oli. Biasanya, ini digunakan sebagai standarisasi oli di dunia. Dalam hal ini, kode API sering dipakai di negara-negara Eropa bahkan Amerika.

Pada dasarnya, API memiliki kode yang berbeda untuk mesin bensin dan juga diesel. Bila bensin, maka kodenya dimulai dengan huruf S. Mulai dari SA, SB, SC, SD, SE bahkan SF. Namun berbeda halnya dengan diesel, biasanya dimulai dengan huruf C seperti CA, CB, CC, dan juga CD.

Nah kode-kode tersebut akan memberikan pengaruh terhadap penggunaan oli mesin. Bila semakin tinggi huruf abjad keduanya, maka oli tersebut biasanya digunakan untuk mesin yang bekerja lebih berat. Selain itu, huruf abjad kedua ini juga menandakan bagaimana kualitas dari oli tersebut.

Dalam hal ini, jika abdjadnya lebih tinggi maka oli tersebut diklaim sudah memenuhi standar dari syarat oli sebelumnya. Nah dengan adanya API ini, maka pengguna dapat mengetahui oli apa yang sekiranya cocok digunakan untuk kendaraannya masing-masing.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan