Mudik Naik Mobil Listrik, Yakin?

Mudik naik mobil listrik

Lebaran tahun ini terasa berbeda dengan lebaran sebelumnya. Di tahun ini, Pemerintah sudah mengizinkan masyarakatnya untuk mudik. Hal ini jelas disambut sangat antusias oleh masyarakat. Berbagai kalangan sudah bersiap-siap mudik untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halamannya. Hampir 60 persen dari pemudik menggunakan mobil pribadi. Alasannya karena lebih nyaman.

Biasanya mereka mudik menggunakan mobil yang berbahan bakar bensin. Namun kali ini, ada opsi jenis mobil lain yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Kini kamu bisa mudik pakai mobil listrik. Selain bisa menghemat uang untuk pembelian bahan bakar, mobil listrik juga bebas dari aturan ganjil genap saat periode mudik Lebaran 2022. Menarik bukan?

Namun, apakah sudah efektif mudik naik mobil listrik?

Dikutip dari detikOto, menurut Putriana sebagai pemilik mobil listrik mengatakan bahwa untuk saat ini, mudik pakai mobil listrik dinilai belum efisien. Alasannya karena masih langkanya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU). Jika SPKLU sudah tersebar merata, maka mudik pakai mobil listrik berpotensi menyaingi atau bahkan melewati kenyamanan mobil konvensional.

Oleh karena itu, Pemerintah perlu menambah SPKLU untuk mendorong terciptanya ekosistem pemakaian mobil listrik. Berikut ini beberapa manfaat mudik pakai mobil listrik daripada mobil konvensional.

Baca Juga: Baterai Mobil Listrik Rusak Karena Fast Charging?

Manfaat Mudik Naik Mobil Listrik

1. Hemat Biaya

Apabila kamu mudik pakai mobil listrik, kamu bisa menghemat biaya untuk bensin dan perawatan mobil. Misalnya, biaya mudik pakai mobil listrik dari Jakarta ke Bali hanya Rp 250.000. Sedangkan apabila kamu menggunakan mobil berbahan BBM, kamu bisa menghabiskan sekitar Rp 1.100.000 lebih.

Selain itu, biaya perawatan mobil listrik lebih murah ketimbang mobil berbahan BBM. Karena mobil listrik tidak membutuhkan ganti oli rutin, mengganti busi, mengganti air radiator, mengganti koil, dan tidak repot keluar untuk isi BBM. Mobil listrik hanya perlu pemeriksaan mekanis, penggantian filter udara kabin dan bilah wiper, rotasi ban termasuk spooring dan balancing, serta pengisian cairan washer.

2. Kabin Lebih Senyap

Siapa sih yang tidak suka menggunakan mobil dengan kabin yang sunyi, hening, dan tenang. Nah, jika kamu menginginkan suasana seperti itu, kamu bisa banget mudik menggunakan mobil listrik. Pasalnya menggunakan mobil listrik tidak memiliki mesin penggerak yang dapat menghasilkan getaranyang masuk dalam kabin. Sehingga tidak menimbulkan suara bising pada kabin. Dengan begitu, perjalananmu makin lebih nyaman.

3. Akselerasi Lebih Cepat

Akselerasi mobil listrik lebih unggul daripada mobil berbahan BBM. Pasalnya mobil listrik bisa mengirimkan torsi dalam jangka waktu yang terbilang cukup singkat daripada mobil berbahan BBM. Bahkan beberapa perusahaan otomotif, seperti Tesla, Hyundai mendesainnya dengan akselerasi sekitar 3 detik untuk kecepatan 100 km/jam.

4. Ramah Lingkungan

Mobil listrik sangat ramah lingkungan karena mekanisme laju kendaraan diproses menggunakan daya listrik. Sehingga tidak memproduksi residu emisi berupa CO2 dan CO. Hal ini tentu berbeda dengan mobil berbahan BBM yang mana sisa pembakarannya akan mengakibatkan polusi udara.

Nah, itu dia kelebihan mudik menggunakan mobil listrik. Namun, mudik menggunakan mobil listrik juga memiliki kelemahan loh. Berikut ini kelemahan menggunakan mobil listrik:

Kelemahan Mudik Pakai Mobil Listrik

1. Belum Banyak SPKLU

Meski lebih hemat biaya dan nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Namun, belum banyak SPKLU yang tersedia. Untuk saat ini SPKLU hanya berada di kota-kota besar khususnya EV. Oleh karena itu, sebelum kamu memilih mudik menggunakan mobil listrik, kamu harus sudah membuat rencana travelmu terlebih dahulu. Seperti, kamu harus berhenti di SPKLU mana untuk mengecas mobil listrikmu. Agar tidak kehabisan daya.

2. Membutuhkan Waktu Yang Lama Untuk Mengecas

Selain sulit menemukan SPKLU, untuk mengecas daya mobil listrik membutuhkan waktu yang lama loh bisa sampe 6 jamnya. Tentunya sangat tidak efisien. Hal ini jelas berbeda dengan mobil berbahan BBM yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengisi BBM.

Nah itu dia kelebihan dan kelemahan jika kamu mudik naik mobil listrik. Sudah kebayangkan bagaimana rasanya mudik pakai mobil listrik.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Listrik Murah di Indonesia

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan