Muncul Suara Dengung Pada Mobil, Ini Dia Penyebabnya

Suara Dengung Pada Mobil

Suara Dengung Pada Mobil – Ketika berkendara, terkadang timbul suara dengan yang muncul. Hal tersebut selain membuat khawatir ketika berkendara, tentu saja mengganggu kenyamanan. Padahal, idealnya mobil yang dengan kondisi baik tidak akan menimbulkan bunyi apapun ketika dikendarai, kecuali bunyi mesin. Suara yang mendengung sendiri bisa menjadi indikator awal jika terjadi kerusakan pada mobil. Biasanya kerusakan tersebut terjadi pada beberapa komponen mobil. Maka dari itu, agar terhindar kejadian tersebut, kamu perlu mengenali komponen mobil apa saja yang memiliki potensi menimbulkan suara dengung untuk memudahkan penanganannya.

Komponen yang Timbulkan Suara Dengung Pada Mobil

Dan berikut beberapa komponen mobil yang mungkin berpotensi mendengung yang bisa kamu simak di bawah ini :

1. Gardan

Komponen Gardan jika mengalami gangguan ataupun rusak bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya suara dengung pada mobil ketika berkendara. Hal kerusakan tersebut terjadi biasanya karena disebabkan penyetelan pada celah gerigi garden dilakukan di luar standar bawaan pabrikan.

2. Bearing

Komponen kaki-kaki mobil adalah komponen yang krusial, karena di area ini semua komponen saling terhubung. Jika satu mengalami kerusakan, maka bisa merembet ke komponen lainnya. Misalnya seperti bearing yang aus akan menyebabkan suara berdengung keras ketika berkendara. Periksa terlebih dahulu bearing dengan teliti, jika terasa oblak, maka segera lakukan penggantian. Untuk penggantiannya pun kamu perlu membeli komponen asli dari pabrikan. Harganya memang lebih mahal, namun untuk keawetan tentu saja lebih awet dibandingkan dengan komponen imitasi.

3. Joint Kopel

Jika kamu memiliki mobil dengan sistem penggerak belakang. Maka besar kemungkinan timbulnya suara berdengung ketika berkendara berasal dari kondisi joint kopel yang sudah oblak. Jika kerusakan komponen tersebut sudah parah, maka segera lakukan penggantian dengan komponen baru yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Kerusakan joint kopel ini biasanya terjadi karena karet pelindung yang sudah mulai rapuh karena panas. Sehingga membuatnya menjadi kaku, dank arena posisinya yang berada di bawah mesin sekaligus, maka membuatnya rentan menerima genangan air apabila hujan terjadi.

4. Suara Dengung Pada Mobil: Timing Belt

Kualitas Timing belt yang sudah tidak layak pakai adalah menjadi salah satu faktor munculnya suara dengung yang mengganggu. Pemasangan timing belt yang tidak tepat juga dapat menimbulkan suara tersebut. Hal ini sering terjadi ketika penyetelan timing belt yang terlalu kencang atau terjadi selip setengah gigi ketika pemasangan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan