Parkiran Khusus Wanita, Untuk Apa Dibuat?

Mungkin bagi sebagian orang pernah bertanya-tanya, mengapa ada parkiran khusus wanita yang biasanya sering terlihat pada area parkir  pusat perbelanjaan di Indonesia? Apa fungsinya? Dan untuk apa dibuat area khusus?parkiran khusus wanita

Parkiran Khusus Wanita

Ya, parkiran khusus wanita biasanya ditandai dengan adanya papan nama yang bertuliskan “Ladies Parking” dengan cat warna pink untuk membedakan area parkir umum dengan parkiran khusus wanita ini. Beberapa tempat lainnya bahkan ada yang sengaja mendesain seluruh area ini dengan warna pink yang mencolok untuk mempermudah pengemudi wanita menemukan area parkirnya.

Ladies Parking biasanya terletak di lokasi-lokasi strategis seperti dekat dengan pintu masuk parkir mobil atau pintu masuk kantor dengan tujuan untuk memberikan kemudahan agar pengemudi wanita tidak kesulitan memarkirkan mobilnya tanpa perlu merasa khawatir dan sulit harus berputar-putar untuk mencari tempat parkir.

Biasanya, pada tempat parkir khusus wanita jarak antara mobil dengan lainnya sengaja dibuat lebih lebar dibandingkan tempat parkir pada umumnya. Hal ini tentu saja sangat membantu pengemudi wanita memarkirkan mobilnya dengan nyaman dan leluasa tanpa harus khawatir memikirkan mobilnya akan menyenggol mobil lain atau pembatas saat sedang mundur dan mengatur posisi mobil.

Dampak Keberadaan Parkiran Khusus Wanita

Munculnya keberadaan ladies parking faktanya tidak jarang menuai pro dan kontra. Pasalnya, selain disambut positif oleh para pengemudi wanita lantaran diberi keistimewaan untuk membantu mempermudah dalam memparkirkan mobilnya. Tidak jarang juga kaum hawa lainnya merasa terhina akibat dianggap keahlian menyetirnya tidak lebih baik dari kaum laki-laki.

Selain itu, terkadang keberadaan ladies parking ini kerap kali diacuhkan oleh pengemudi laki-laki. Walaupun ada larangan bagi pengemudi laki-laki menempati area parkir ini, beberapa masih ada yang nekad menggunakannya. Hal ini terjadi akibat sulitnya mencari lahan parkir yang kosong.

Disamping itu semua, ladies parking tetap harus dihargai ide dan keberadaannya. Sebab, untuk menyediakan ladies parking memang tidak mudah. Terdapat syarat untuk dipenuhi meliputi tanda atau marka khusus, letak parkir yang lebih luas, dan dekat pintu masuk bangunan. Juga harus diawasi dengan sistem pengawasan yang cukup ketat untuk menghindari kriminalitas yang kerap kali mengincar kaum hawa.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan