Berita Otomotif

Penyebab Ban Mobil Pecah Milik Dinas Camat Menabrak Truk di Banjar

Penyebab Ban Mobil Pecah- Senin, 31 Januari 2022 terdengar kabar berita bahwa telah terjadi kecelakaan di jalan Ayani Km 42, Kec. Martapura Timur. Kecelakaan ini disebabkan karena ban mobil milik salah satu petugas Camat setempat pecah. Sehingga mobil dinas tersebut menabrak truk di Banjar. Beruntungnya tidak ada yang meninggal. Mereka hanya mengalami luka ringan.

Pecahnya ban mobil di jalan merupakan sesuatu situasi yang tidak bisa hindari oleh pemilikinya. Meskipun sulit untuk dihindari, namun bisa kamu cegah peristiwa tersebut.

Lantas apa penyebab ban mobil bisa pecah? Di artikel kali ini, saya akan memberikan sebuah informasi menarik yang harus kamu baca!

Penyebab Ban Mobil Pecah

1. Ban Mobil Kamu Kekurangan Tekanan Angin

Hampir sebagian orang mengira bahwa ban mobil pecah karena tekanan angin ban terlalu banyak. Padahal anggapan itu merupakan sesuatu yang keliru. Ban mobil pecah sebenarnya disebabkan karena kurangnya tekanan angin. Kurangnya tekanan angin sering kali membuat pergerakan dinding pada ban mobilmu dan ini mengakibatkan kawat baja dari ban mobil akan mudah putus.

2. Penyebab Ban Mobil Pecah: Salah Menambal Ban

Salah dalam menambal ban juga akan membuat ban mobil menjadi cepat pecah. Saat kamu menambal ban dengan teknik tusuk, maka akan membuat lubang bocor menjadi semakin besar. Hal ini nantinya jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan serat baja pada struktur ban menjadi cepat terputus atau akan mudah rapuh.

3. Ban Mobil Kamu Sudah Botak

Ban mobil yang sudah botak bisa mengurangi proses pengereman sehingga bisa membahayakan nyawamu terutama saat kamu berada di jalan yang licin atau saat ada orang yang mendadak menyebrang jalan di depan mobilmu. Untuk mengatasi permasalahan, ini maka sebaiknya kamu harus sering memperhatikan kondisi permukaan ban mobil dan apabila sudah agak botak maka sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru.

4. Kamu Sering Menabrak Jalanan Yang Berlubang

Terlalu sering kamu menabrak jalanan yang berlubang, maka akan mengakibatkan ban mobil kamu cepat rusak dan bisa merusak suspensi mobil. Tidak hanya itu saja, semakin kamu sering menabrak jalanan yang berlubang, maka benturan keras yang terjadi pada ban mobilmu bisa membuat rusaknya rajutan kawat baja dalam ban mobilmu.

Jika itu sampai terjadi maka kawat baja yang biasa melindungi tapak ban dan dinding akan tidak berfungsi sama sekali. Hal ini yang mengakibatkan ban mobil menjadi sobek.

5. Penyebab Ban Mobil Pecah Karena Ban Mobilnya Telah Kadarluwasa

Ban mobil juga memiliki masa kadarluwasa loh sob. Masa kedaluwarsa tidak hanya terjadi pada makanan dan minuman saja namun pada ban mobil juga bisa terjadi. Mengapa ban mobil yang telah kedaluwarsa bisa menyebabkan ban mobil kamu pecah?

Karena ban mobil yang telah kedarluwasa memiliki kecenderungan akan getas dan kering. Sehingga ban yang telah kedarluwasa akan cepat pecah. Oleh karena itu, kamu harus selalu ganti ban mobilmu sebelum masa kode produksinya habis. Untuk melihat masa kode poduksinya, kamu bisa melihat pada bagian samping ban mobil.

5. Ukuran Pelek Yang Tidak Sesuai Dengan Ban Mobilmu

Untuk memasang pelek pada ban mobil harus memperhatikan ukuran pada ban mobilmu ya. Jangan sampai melebihi ukuran pelek yang tercantum pada dinding pelek. Sebaiknya sebelum kamu mengganti pelek mobilmu, kamu bisa bertanya lebih dulu kepada mekanik mengenai ukuran pelek yag tepat untuk ban mobilmu. Ukuran pelek yang terlalu lebar bisa membuat ban mobil kamu terbebani dan nantinya akan membuat ban kamu tiba-tiba pecah di tengah jalan.

6. Kamu Sering Memompa Ban Mobilmu Dengan Angin Biasa

Mungkin ini terdengar sangat sepele sekali, namun mengisi ban mobil dengan angin biasa bisa cepat merusak ban mobilmu loh. Hal ini dikarenakan angin biasa di dalam ban mempunyai kandungan yang bermacam-macam dan sangat mudah untuk berekasi dengan zat-zat lain yang terkandung dalam ban mobil kamu.

Meskipun sudah ada zat nitrogennya namun tetap saja gas oksigennya yang akan mudah bereaksi terutama saat kamu melewati jalanan yang panas. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan gas nitrogen untuk mengisi ban mobilmu. Karena gas nitrogen tidak mudah bereaksi dengan gas lainnya sehingga lebih aman.

Artikel Terbaru

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022

Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Ban mobil memiliki peranan yang penting dalam mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, penting sekali untuk… Selengkapnya

4 Juli 2022

Ini Dia 4 Varian Mobil Tesla di Indonesia

Tesla merupakan salah satu perusahaan otomotif yang mengalami perkembangan paling pesat. Meski berdiri pada tahun… Selengkapnya

1 Juli 2022