Apa Penyebab Lampu Utama Mobil Mati?

Penyebab Lampu Utama Mobil Mati

Lampu mobil merupakan salah satu komponen yang berperan penting sebagai penerang jalan terutama saat malam hari atau hujan. Baik itu lampu depan, samping, maupun belakang sama-sama memiliki peranan yang penting.

Sehingga apabila salah satu dari mereka yang mengalami kerusakan tentu akan sangat berisiko tinggi apabila sampai tidak menyala. Lampu mobil yang mati dapat membahayakan keselamatan pengemudi karena pengemudi akan kesulitan melihat kendaraan atau benda yang berada di sekelilingnya.

Oleh karenanya, penting sekali untuk mengetahui penyebab lampu mobil mati, bagaimana cara mengatasinya, dan estimasi biaya yang diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti lampu mobil. Berikut ini informasi lebih lengkapnya! Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

5 Penyebab Lampu Utama Mobil Mati

Berikut ini 5 penyebab lampu utama mobil mati. Simak sampai habis ya!

1. Sekring putus

Sekring yang konslet, putus ataupun mati dapat menjadi penyebab lampu utama, lampu samping, atau lampu belakang mati. Sekring putus biasanya disebabkan oleh korsleting listrik akibat hubungan pendek atau arus berlebihan.

Sekring kelistrikan di dalam mobil biasanya terkumpul dalam sebuah wadah kotak yang berada di bawah kanan dekat setir mobil. Sekring berbentuk seperti dua jari atau gigi.

2. Soket Lampu Kendor

Soket lampu yang kotor atau kendor juga bisa menjadi penyebab lampu mobil mati. Karena suplai listrik ke lampu terhalang. Sehingga untuk mengatasinya, kamu bisa mengecek pada bagian soket lampu dan apabila kotor maka segera bersihkan dan kencangkan kembali, soket lampu yang telah kendor. Lakukan hal tersebut secara teratur agar lampu mobil bisa lebih awet.

3. Relay Mati

Lampu mobil yang mati juga bisa disebabkan karena relay mati atau rusak. Begini cara yang tepat untuk megecek apakah lampu mobil rusak disebabkan karena relay atau tidak, diantaranya dengan menyentuh relay dan mengoperasikan switch lampu depan. Disaat kamu mengoperasikan switch, relay akan mengeluarkan bunyi klik dan akan terasa gentakan kecil di dalam relay.

4. Bohlam Lampu Mobil Mati

Bohlam yang mati juga bisa menjadi penyebab lampu utama mobil mati. Hal ini disebabkan karena filamen dengan ketabalan yang cukup tipis membuat bohlam akan mati.  Selain itu, penting sekali untuk memilih bohlam dengan kualitas yang bagus.

Meski bohlam lampu mobil berkualitas bagus rata-rata harganya mahal, ini solusi terbaik untuk menghindari lampu mobil di bagian depan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jika tetap memilih bohlam lampu dengan kualitas kurang baik, tentu sangat merugikan ke depannya. Carmudian akan butuh bujet banyak untuk terus memperbaiki lampunya.

5. Tegangan Kelistrikan Tidak Stabil

Selain keempat diatas, tegangan listrik yang tidak stabil juga bisa membuat lampu mobil mati. Pada umumnya, tegangan aki pada sebagian kendaraan sebesar 12 volt dan ketika dihidupkan tegangannya berubah menjadi 14 volt. Karena hal tersebut akan membuat lampu depan menjadi lebih terang dari biasanya.

Biasanya mobil memiliki bermacam-macam tegangan, ada yang 12 volt atau 24 volt. Apabila memakai tegangan 12 volt, pakai lampu dengan volt yang sama juga. Apabila melebihi dari tegangan tersebut akan mengakibatkan aliran listrik berlebih pada lampu depan mobil sehingga filamen lampunya terbakar sampai putus.

Cara Mengatasi Lampu Mobil Mati

Setelah kamu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab lampu mati, langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui cara mengatasinya. Bagi kamu yang tidak mengerti dunia otomotif, solusinya adalah dengan dibawa ke bengkel terdekat di kota kamu.

Namun, apabila kamu ingin memperbaiki sendiri dan mengenal betul mengenai bagian-bagian lampu mobi. Kamu bisa mengatasi sendiri kerusakannya. Dengan mengecek bagian-bagian sekring, soket, relay, tegangan, dan lain sebagainya.

Estimasi Harga Perbaikan Lampu Mobil

Biaya perbaikan lampu mobil yang mati tergatung dengan jenis mobil, spesifikasinya, dan kerusakaannya. Jika kerusakannya parah maka biaya yang akan dikenakan juga akan besar. Namun, jika kerusakaaya ringan maka biaya yang dikeluarkan juga akan kecil.

Selain itu, biaya service lampu mobil buatan Eropa biasanya akan lebih besar dari mobil Jepang. Karena mobil Eropa tingkat kerumitan mobil Eropa lebih sulit dibanding mobil Jepang. Biasanya biaya service mobil Jepang sekitar Rp 300.000 – Rp 350.000. Sementara biaya service lampu mobil Eropa sekitar Rp 500.000. Namun, biaya tersebut tergantung dengan bengkel yang ada.

Nah itu dia, penyebab lampu utama mobil rusak, cara mengatasinya, dan estimasi biaya service lampu mobil. Bagi kamu yang ingin membuat tampilan mobil kamu terlihat mempesona, kamu bisa banget menggunakan velg HSR Wheel. Karena sudah tersedia 1000 macam model velg yang akan membuat mobil kamu tampak lebih gahar. Informasii selengkapnya bisa hubungi Customer Service kami

Chat Disini

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan