Apa Fungsi Dari Gardan Mobil?

apa fungsi gardan mobil

Gardan mobil merupakan salah satu komponen yang ada pada sistem penggerak mobil dan sering disebut dengan differential. Komponen ini berperan sebagai penerus tenaga putar dari mesin ke poros penggerak. Jenis mobil yang menggunakan gardan biasanya mobil yang menggunakan sistem penggerak RWD atau 4WD.

Dengan adanya komponen ini, membuat kecepatan ban mobil sebelah kanan dan kiri akan sama sehingga laju mobil akan stabil. Biasanya gardan kiri dan kanan memiliki kecepatan berbeda, terutama saat mobil berbelok. Agar lebih jelas mengenai fungsi gardan mobil, berikut ini ulasan artikelnya. Simak sampai habis ya!

Fungsi Gardan Mobil

Gardan mobil merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam meneruskan tenaga putar dari mesin ke poros penggerak. Sebelumnya tenaga ini dihubungkan ke sistem kopling, transmisi, batang propeller, baru sampai ke gardan. Berikut ini fungsinya:

1. Penerus Tenaga Putar

Gardan mobil berfungsi sebagai penerus tenaga putar. Komponen ini akan meneruskan tenaga putar dari mesin ke ban mobil. Akibatnya laju kendaraan bisa dikendalikan baik untuk mundur, maju, atau berbelok.

2. Meningkatkan Tenaga Putar

Gardan mobil juga berperan dalam meningkatkan tenaga putar. Tenaga yang bersumber dari mesin akan disalurkan menuju poros roda penggerak. Akibatnya tenaga putar yang dikeluarkan meningkat dari sebelumnya. Cara melihat komponen ini sudah bekerja atau belum bisa dari ketika gigi pinion gear memutar ring gear .

Kerja gigi pinion gear ini dapat bekerja dengan optimal jika memiliki pelumas yang cukup. Dengan pelumas yang cukup juga akan melenyapkan bunyi dengung yang berasal dari gardan mobil.

3. Arah Putar Dapat Berubah 90 Derajat

Gardan mobil juga dapat mengubah arah putaran sebanyak 90 derajat. Tenaga yang awalnya lurus dari mesin kemudian transmisi dan kopling akan diubah menjadi 90 derajat sampai bisa memutar poros penggerak.

4. Pembeda Putaran Poros Roda Kiri dan Kanan

Fungsi terakhir dari gardan mobil adalah sebagai pembeda putaran poros roda kiri dan kanan. Sehingga radius radius belok mobil jadi lebih pendek dan mobil tidak perlu berputar lebih jauh saat mobil berbelok secara keseluruhan. Selain memudahkan mobil saat berbelok, dengan adanya gardan juga membuat ban tidak mengalami slip yang membuat cepat aus dan rusak.

Setelah kamu mengetahui fungsi dari gardan mobil. Berikut ini cara kerjanya!

Cara Kerja Gardan Mobil

Cara kerja gardan mobil dapat dibedakan ketika mobil berjalan lurus atau berbelok. Berikut ini informasi selengkapnya seperti yang dikutip dari laman Auto2000:

1. Saat Mobil Berjalan Lurus

Ketika mobil berjalan lurus maka posisi setir juga lurus. Sehingga tenaga putar yang dihasilkan dari gardan (propeller shaft) masuk ke pinion drive gear. Tenaga putar itu akan disambungkan ke ring gear yang memiliki banyak mata gigi.

Ketika posisi lurus, gardan mobil membuat rpm di ring gear lebih rendah dibandingkan rpm di pinion drive gear. Namun, meskipun rpm ring gear lebih rendah, torsinya justru tetap bertambah. Kemudian, putaran di ring gear bakal diteruskan ke differential case.

Differential case merupakan rangka pada rangkaian side gear dan pinion. Pada posisi ini, poros pinion bertumpu ke sisi differential case. Kemudian, kedua ujungnya diletakkan ke dua gigi pinion yang sudah terhubung dengan dua side gear. Aliran dari differential case ini akan menuju ke poros pinion yang kemudian diteruskan ke pinion gear dan side gear.

Pinion gear ini akan berputar di poros pinion agar roda kanan dan kiri terlihat berbeda dari sisi putarannya. Namun, karena setir lurus, beban roda sebelah kanan dan kiri menjadi sama. Kemudian, pinion hanya melanjutkan putaran ke side gear dari case saja.

2. Ketika Mobil Berbelok

Ketika mobil kamu berbelok, maka sisi roda bagian dalam menerima tahan putar pada roda depan yang mengalami perubahan arah. Pada posisi ini akan memberikan perbedaan bobot antara side gear A dan B atau biasa yang dikenal dengan side gear roda kiri lebih berat bila dibandingkan dengan side gear roda kanan pada komponen gardan mobil tersebut.

Pada posisi mobil berbelok, pinion gear akan berputar karena perbedaan berat pada side gear. Selanjutnya side gear sebelah kanan akan mempunyai putaran lebih cepat sehingga membuat putaran roda kanan dan kiri menjadi berbeda. Saat pinion gear berbeda putaran, maka arah berputar keduanya menjadi saling berlawanan. Hal ini terjadi karena posisi kedua pinion gear saling berlawanan membentuk sudut 90 derajat dari arah side gear.

Untuk mempermudah mobil berbelok, kamu harus memastikan bahwa komponen gardan dalam kondisi baik dan terlumasi dengan sempurna. Pasalnya jika gardan aus akan membuat pinion gear macet sehingga kamu akan kesulitan untuk membelokkan mobil. Maka dari itu selalu cek kondisi gardan dan lakukan penggantian dengan harga gardan mobil tidak terjadi kerusakan pada komponen tersebut.

Nah itu dia fungsi dari gardan mobil. Bagi kamu yang ingin mengganti velg mobil, kamu bisa banget menggunakan velg HSR Wheel karena telah digunakan oleh 10 ribu orang lebih. Informasi lebih lanjut, hubungi Customer kami

Chat Disini

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan