Perbedaan Mobil CKD dan CBU

Perbedaan Mobil CKD dan CBU

Perbedaan Mobil CKD dan CBU – Mobil adalah kendaraan yang saat ini dibutuhkan dan menjadi kebutuhan primer oleh sebagian orang untuk menemani mobilitasnya yang cukup tinggi. Dengan menggunakan mobil, bepergian dari satu tempat ke tempat lain tidaklah membuang banyak waktu dan juga biaya.

Namun, banyak orang yang ingin membeli sebuah mobil memiliki banyak pertimbangan sebelum akhirnya memilih mobil yang akan dibelinya. Salah satu pertimbangan untuk membeli sebuah kendaraan adalah harga. Tak bisa dipungkiri memang semua orang ingin mendapatkan sebuah mobil berkualitas namun memiliki harga yang murah.

Berbicara soal harga mobil, sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi sebuah harga dari mobil itu sendiri. Salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap harga jual mobil adalah di mana mobil tersebut di poduksi. Produksi mobil sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu CKD dan juga CBU. CKD (Completely Knock Down) adalah mobil yang dirakit di dalam negeri, sedangkan CBU (Completely Build Up) adalah mobil yang dirakit di luar negeri.

Perbedaan Mobil CKD dan CBU

Lalu, mengapa perbedaan tempat produksi tersebut dapat mempengaruhi harga sebuah mobil untuk jenis yang sama? Mobil CKD memiliki harga yang lebih murah karena seluruh proses perakitan dilakukan di dalam negeri dan segala part dikirim secara terpisah satu pr satu. Tentu saja hal tersebut membuat biaya cukai yang dibebani pada produsen mobil lebih murah.

Sedangkan mobil CBU adalah mobil yang diproduksi dari luar negeri dan dikirim utuh dalam bentuk jadi ke dalam negeri. Mobil CBU memiliki harga lebih tinggi karena biaya bea dan cukai nya lebih besar karena mengirimkan satu mobil jadi ke dalam negeri.

Baik mobil CKD dan CBU sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kamu yang ingin membeli mobil dan tak ingin kecewa, berikut kelebihan dan kekurangan mobil CKD dan CBU yang bisa kamu simak di bawah ini :

Kelebihan dan Kekurangan Mobil CBU

Kelebihan Mobil CBU

  1. Memiliki spesifikasi lebih baik dibandingkan dengan mobil CDK
  2. Memiliki tenaga lebih kuat daripada CDK.
  3. Lebih eksklusif dari mobil jenis CDK.
  4. Harga jual kembalinya masing cukup tinggi.

Kekurangan Mobil CBU

  1. Harga beli lebih tinggi dibandingkan dengan mobil CKD dengan jenis dan tipe yang sama.
  2. Apabila mengalami kerusakan, sparepart CBU sulit didapatkan di Indonesia dan harus memesan langsung dari Negara asalnya.
  3. Tak seluruh bengkel menyediakan servis untuk mobil CBU.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil CKD

Kelebihan Mobil CKD

  1. Harga beli lebih murah dibandingkan mobil CBU.
  2. Sparepart mobil CKD melimpah di dalam negeri apabila mobil mengalami kerusakan.
  3. Banyak bengkel yang menyediakan servis untuk mobil CKD, baik itu bengkel resmi ataupun tidak.

Kekurangan Mobil CKD

  1. Mobil CKD memiliki keluaran tenaga yang kecil dibandingkan dengan mobil CBU.
  2. Mobil CKD memiliki kekurangan dari sisi interior hingga dapur pacu yang tak sebaik mobil CBU.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan