Tarif Tol Cirebon-Semarang Terbaru 2022

Tarif Tol Cirebon-Semarang

Tarif Tol Cirebon-Semarang – Jalan tol Cirebon-Semarang adalah akses cepat yang menghubungkan antara dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ruas tol ini merupakan bagian dari tol Trans Jawa yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Seiring dengan perubahan waktu, pada 17 Januari 2021 yang lalu, beberapa ruas tol Trans Jawa mendapatkan perubahan tarif dan diperkirakan pada Januari 2022 tarif tol akan meningkat dari tahun sebelumnya. Salah satunya adalah ruas tol Cirebon-Semarang. Dan berapakan tarif tol Cirebon Semarang saat ini? Yuk simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia Tanpa Ribet

Tarif Tol Cirebon-Semarang

1. Ruas Palimanan-Kanci

Tol Cirebon-Semarang sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yang terbentang mulai dari provinsi Jawa Barat hingga Jawa Tengah. Pertama, kamu perlu melewati bagian pertama yaitu Ruas Palimanan Kanci (Palikanci). Ruas ini sendiri memiliki panjang 26,6 kilometer dan melintasi Kota Cirebon. Untuk tarif tol Palikanci sendiri adalah Rp 12.500.

2. Ruas Kanci Pejagan

Setelah melewati ruas tol Palikanci, maka selanjutnya kamu akan melewati bagian kedua dari Tol Cirebon-Semarang, yaitu Kanci-Pejagan. Ruas tol ini memiliki panjang 35 kilometer. Tarif tol Kanci-Pejagan sebesar Rp 29.500.

3. Ruas Pejagan-Pemalang

Selanjutnya, kamu akan masuk ke ruas tol Pejagan-Pemalang yang memiliki panjang 57,5 kilometer. Ruas tol ini menghubungkan daerah Pejagan, Cirebon dengan jalan tol Pemalang-Batang. Ruas tol Pejagan-Pemalang sendiri terbagi dari beberaka seksi.

Seksi I adalah Pejagan-Brebes Barat yang memiliki panjang 14,20 kilometer. Seksi II adalah Brebes Barat-Brebes Timur yang memiliki panjang 6 km. Seksi III menghubungkan Brebes Timur-Tegal Timur dengan panjang 10,4 kilometer. Seksi IV adalah Tegal Timur-Sewaka yang memiliki panjang 26,9 km. Tarif tol Pejagan-Pemalang untuk kendaraan golongan I adalah Rp 60.000.

4. Ruas Pemalang-Batang

Bagian keempat dari Tol Cirebon Semarang adalah ruas tol Pemalang-Batang. Jalan tol ini memiliki panjang 39,2 kilometer. Tol Pemalang-Batang sendiri menghubungkan daerah Pemalang dengan Batang, Jawa Tengah. Jika kamu sudah melewati ruas tol ini, maka Kota Semarang sudah semakin dekat.

Tol Pemalang-Batang terbagi menjadi dua seksi. Seksi I memiliki panjang 20,05 kilometer yang membentang dari Pemalang hingga Pekalongan. Kemudian Seksi II memiliki panjang 16,7 kilometer dan menghubungkan Pekalongan dan Batang. Untuk tarif tol Pemalang-Batang bagi kendaraan golongan I adalah Rp 40.000.

5. Ruas Batang-Semarang

Bagian terakhir dari Jalan Tol Cirebon-Semarang adalah Batang-Semarang. Ruas ini adalah ruas yang paling panjang diantara ruas tol Cirebon-Semarang lainnya, jaraknya sendiri hingga 75 km. Dan bisa dibilang juga bahwa tarif tol Cirebon Semarang yang paling mahal ada pada ruas Batang-Semarang. Untuk kendaraan golongan I, kamu perlu menyiapkan Rp 86.000 untuk melewati tol ini.

Total Tarif Tol Cirebon Semarang

Jadi, jika kamu ingin perjalanan dari Cirebon ke Semarang maka total uang yang kamu butuhkan untuk mebayar jumlah tarif tol Cirebon sampai Semarang, yaitu:

  • Palimanan-Kanci = Rp12.500
  • Kanci-Pejagan = Rp29.500
  • Pejagan Pemalang = Rp60.000
  • Pemalang-Batang = Rp40.000
  • Batang-Semarang = Rp86.000
  • Total = Rp 228.000

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan informasi mengenai tarif tol Cirebon-Semarang ketika kamu ingin pergi ke daerah Jawa Tengah. Perlu diketahui juga, tarif di atas adalah tarif yang sewaktu-waktu dapat berubah. Artinya, tarif yang tertulis tidak mutlak karena bisa terjadi perubahan tergantung situasi dan kondisi. Maka dari itu, siapkan saldo e-tol kamu secara cukup agar tidak mengalami kendala ketika keluar atau masuk gerbang tol.

Cek Kaki-Kaki Mobil

Ketika kamu ingin bepergian jauh Antar Kota Antar Provinsi, maka jangan lupa untuk mengecek seluruh kesehatan kendaraan. Terutama bagian kaki-kaki mobil seperti ban dan velg yang menjadi komponen penting pada saat perjalanan.

Apabila ban atau velg mobil kamu bermasalah, maka harus cepat diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah pada saat di jalan. Kamu bisa pergi ke dealer resmi HSR Wheel untuk melakukan penggantian ban mobil kamu yang mengalami masalah. Di HSR Wheel sendiri tersedia ban mobil berkualitas seperti Accelera, Forceum, Zeetex, dan Yokohama yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Selain ban mobil, kamu juga bisa melakukan penggantian velg mobil standar mu menjadi velg HSR. HSR Wheel sendiri adalah brand velg asli Indonesia yang memiliki kualitas dan juga kukuatan terbaik. Selain itu, HSR Wheel juga memiliki Original Design yang memiliki model dan desain ciamik.

Dapatkan velg HSR hanya melalui dealer resmi HSR Wheel yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Kunjungi laman resmi HSR Wheel Store untuk mengetahui dealer HSR terdekat di Kota mu.

Penulis : Aljuni Hirossie

Editor : Yudi Ardiyansyah

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan