5 Cara Reset Remote Mobil Tanpa Perlu Ribet

cara reset remote mobil

Remote mobil adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu mobil secara otomatis. Tidak hanya itu saja, remote mobil juga bisa digunakan untuk mematikan alarm mobil secara otomatis karena telah terintegrasi. Dengan adanya remote mobil akan memudahkanmu dalam melakukan segala aktifitas tanpa perlu repot-repot ke mobil.

Namun, apa akibatnya jika remote mobil rusak? Dan bagaimana cara reset remote mobil dengan mudah? Jika remote mobilmu rusak maka maka harus mematikan alarm mobil secara manual. Berikut ini cara reset remot mobil agar kembali berfungsi normal seperti sedia kala.

Baca Juga: Alarm Mobil Error Tiba-Tiba, Berikut Kemungkinan Penyebabnya!

Cara Reset Remote Mobil

1. Cek Kondisi Baterai Remote

Salah satu penyebab remote mobil eror karena baterai remote yang digunakan sudah melemah bahkan telah habis. Apabila baterai remote mobil habis, secara otomatis remote tidak akan berfungsi seperti keadaan normal. Tanda jika baterai remote mobil telah habis adalah lampu remote mobil tidak akan menyala saat kamu menekannya. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan cadangan baterai remote mobil.

2. Tekan Tombol Lock

Cara lain untuk mereset remote mobil, yaitu dengan memasukan kontak kunci mobil ke dalam lubang kunci untuk menghidupkan mesin mobil. Setelah itu, putar kontak kunci mobil sampai berubah menjadi ON. Setelah itu, tekan tombol lock pada remote mobil hingga 10 detik.

3. Lepaskan Lock Button

Setelah kamu menekan tombol lock sampai ON. Kemudian, lepaskan tombol tersebut dan ubahlah posisi kunci mobil menjadi mode OFF.

4. Pastikan Bahwa Frekuensi Remote Tidak Terganggu

Kinerja frekuensi remote mobil dapat terganggu. Apabila kamu sedang berada pada daerah yang gelombang elektromagnetiknya tinggi, seperti di SUTET, TW, BTS telepon seluler, hingga tower radio. Cara meresetnya adalah dengan menjauhi lokasi yang dekat dengan gelombang elektromagnetik agar kinerja komponen remote mobil dapat kembali normal.

Penyebab Remote Mobil Terganggu

1. Frekuensi Remote Terganggu

Untuk menjalankan perintah biasanya remote control memanfaatkan sistem gelombang radio. Jadi apabila frekuensi remote terganggu, kemungkinan besar remote mobil tidak akan bisa berfungsi.

2. Baterai Remote Habis

Baterai remote yang habis, termasuk salah satu penyebab remote mobil tidak bisa menjalankan fungsinya. Apabila lampu pada remote sudah tidak nyala, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

3. Receiver Remote Rusak

Penyebab remote mobil tidak berfungsi adalah karena receiver remote rusak. Receiver remote merupakan komponen yang tertanam di dalam mesin mobil dan mempunyai peran utama sebagai penerima gelombang ketika salah satu tombol remote ditekan.

Gelombang yang berhasil ditangkap akan diterjemahkan terlebih dahulu. Setelah itu, hasilnya akan dibaca oleh kendaraan dan menjalankan perintah sesuai arahannya. Namun jika bagian receiver remote rusak, maka perintah tersebut tidak akan pernah tersampaikan.

4. Remote Mobil Rusak

Remote mobil yang rusak akan membuat remote mobil tidak bisa berfungsi. Penyebab remote mobil rusak bisa disebabkan karena remote mobil sering jatuh, korsleting, sensor alarm dengan kepekaan tinggi, atau bahkan kamu sering menaruh remote mobil pada saku celanamu apalagi jika itu merupakan jeans yang ketat.

Nah, itu dia 4 cara reset remote mobil tanpa ribet yang harus kamu tahu

Baca Juga: Smart Keyless Entry Mobil Bermasalah? Ini Penyebabnya

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan