Apa yang Dimaksud dengan TWI Ban Mobil?

Apa yang Dimaksud dengan TWI Ban Mobil? Pernahkah memperhatikan ban kendaraan dengan seksama? Rupanya tak hanya ada deretan angka dan huruf yang menyampaikan karakter ban tersebut. Akan tetapi juga ada kode ban mobil berupa pola tapak dan beberapa tanda di permukaan ban yang memiliki arti tersendiri.

Mengenal Segitiga TWI Ban Mobil

Salah satu tanda yang dimaksudkan adalah segitiga TWI atau tread wear indicator yang menjadi penentu jadwal penggantian ban lama dengan yang baru. Tanda segitiga ini terletak diantara pola tapak ban dan biasanya berukuran kecil. Meski kecil ternyata TWI memiliki andil besar dalam menentukan masa pakai suatu ban.

Thread Wire Indicator

Umumnya orang awam dalam membaca kondisi ban cukup melihat kondisi pola tapaknya. Jika sudah halus atau dangkal bahkan mulus maka musti cepat-cepat diganti. Namun, tahukah Anda bahwa metode klasik ini ternyata salah? Rupanya untuk mengetahui masa pakai ban paling tepat adalah melihat kondisi segitifa TWI.

Letaknya yang berdekatan dengan batas ban dan diantara pola tapak pada permukaan ban membuatnya menjadi alat ukur. Ban harus segera diganti ketika tanda segitiga ini sudah mendekati pola tapak. Jangan sampai menempel karena  besar kemungkinan ban sudah dalam kondisi aus parah. Idealnya jarak antara TWI ini dengan pola tapak ban adalah 2 milimeter.

Meskipun ada beberapa sumber yang mengungkapkan jarak aman maksimalnya ada di angka 1. Milimeter. Jika tidak dilakukan penggantian maka biasanya ban yang jarak segitiga TWI-nya terlalu dekat malah rentan tergelincir ketika melintasi jalanan basah. Maka untuk meminimalkan resiko kecelakaan di musim penghujan sebaiknya mengecek kondisi segitiga TWI ini secara berkala.

Mengganti  ban ketika segtiga TWI ini sudah mendekati pola tapak ban bertujuan untuk mencegah ban aus secara total. Sehingga tidak lagi mendapati pola tapak ban hilang sama sekali. Selain itu perlu diimbangi pula dengan melakukan rotasi ban secara berkala. Apabila kedua tindakan ini dilakukan rutin maka ban kendaraan tentu akan lebih awet dan aman dari kerusakan parah.

Mengenal segitiga TWI ban mobil ini tentu sangat penting agar bisa merawat ban kendaraan dengan maksimal. Anda pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman, jadi jangan sampai terlupa untuk mengecek kondisinya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan