Apakah Mobil Listrik Menggunakan Kopling?

Apakah mobil listrik menggunakan kopling

Apakah mobil listrik menggunakan kopling atau bertransmisi manual? Pertanyaan itu sering kali dilontarkan oleh sebagian orang mengenai transmisi apa yang dipakai oleh mobil listrik.

Pada umumnya mobil listrik yang ada di Indonesia kebanyakan masih menggunakan transmisi otomatis. Karena karakteristik mobil listrik yang berbeda dengan mobil konvensional (mobil bensin). Mesin pada mobil listrik tidak memerlukan kopling untuk mengatur putaran mesin saat akan menggerakkan roda mobil.

Selain itu, mobil listrik menghasilkan torsi yang konstan dan datar. Beda dengan torsi pada mobil bensin yang mengalami penurunan saat putaran tertentu. Ditambah penggunaan transmisi manual pada mobil listrik juga sulit dilakukan. Sehinggga mendorong beberapa produsen untukĀ  mencoba mengembangkannya.

Salah satunya, Toyota yang mencoba mengembangkan mobil listrik dengan transmisi manual dan teknologi kopling. Cara pengoperasiannya hampir sama dengan mobil bensin manual lainnya, yaitu menggunakan pedal kopling semu dan posisi pseudo shifter.

Pseudo shifter berperan sebagai pengganti persneling untuk menggerakkan gigi. Sistem pseudo shifter yang dipadukan dengan pedal kopling semu ini akan membantu kinerja motor listrik dan baterai dari mobil Toyota yang akan dikembangkan.

Baca Juga: Kenapa Mobil Listrik Lebih Ramah Lingkungan?

Disamber Diskon 10 Persen Velg HSR Wheel

Diskon Velg HSR Wheel
Diskon Velg HSR Wheel

Velg HSR dikenal akan kelengkapan variasi desain dengan tampilan velgdalam berbagai aliran. Sehingga membuat tampilan kaki-kaki mobil akan terlihat lebih mempesona dari sebelumnya sesuai dengan kebutuhan modifikasi.

Bagi kamu yang ingin membuat mobil terlihat lebih gagah dan mempesona, kamu bisa mengganti velg standar mobil dengan velg HSR Wheel. Pada tanggal 15-25 Desember 2022, HSR Wheel memberikan diskon sebesar 10 persen untuk setiap pembelian 1 set velg HSR Wheel.

Jadi, buruan pesan velg HSR Wheel sekarang dan klaim diskonnya. Mobil tampil lebih gagah, uang lebih hemat! Ingat velg, Ingat HSR #DisamberDiskonHSR

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan