Kelebihan dan Kekurangan Fitur Keyless Pada Mobil!

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Keyless Pada Mobil

Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin canggih fitur mobil. Salah satunya dengan adanya fitur keyless pada mobil. Fitur ini merupakan fitur yang berfungsi untuk membuka pintu mobil secara otomatis tanpa perlu memasukkan kunci ke lubang. Pengemudi hanya perlu menekan tombol Star Stop Engine. 

Selain memberikan kemudahan bagi pengemudi, fitur ini juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya baterai keyless sering lemah. Pada artikel kali ini HSR Wheel akan membahas kelebihan dan kekurangan fitur keyless pada mobil. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya!

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Keyless dan Immobilizer?

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Keyless Pada Mobil

Pada mobil keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur keyless. Fitur ini sangat memudahkan pengemudi untuk membuka mobil secara otomatis. Pada mobil-mobil mahal Smart Keyless bahkan bisa untuk menghidupkan mesin mobil dari jarak jauh, menghidupkan lampu-lampu, AC untuk mendinginkan ruang kabin, serta berfungsi sebagai alarm. Berikut ini kelebihan dari fitur keyless pada mobil

Kelebihan Fitur Keyless

Berikut ini beberapa kelebihan dari fitur keyless pada kendaraan. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

1. Keamanan Lebih Terjamin

Mobil yang telah menggunakan fitur keyless memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada mobil yang masih menggunakan kunci manual. Sebab mobil yang telah dilengkapi dengan fitur keyless mempunyai transponder yang berkomunikasi dengan smart key melalui kode unik. Tanpa adanya kode tersebut, maling tidak bisa secara sembarangan membobol mobil  tersebut.

Meskipun menurut sumber dari AA insurance, mobil dengan fitur keyless memiliki resiko lebih rawan terhadap pencurian. Sebab para pencuri hanya memerlukan waktu beberapa detik untuk membobol mobil dengan menggunakan alat yang dapat menangkap sinyal dipancarkan. Dengan alat tersebut memungkinkan para pencuri untuk mengambil mobil tanpa menyebabkan kerusakan.

2. Lebih Praktis

Kelebihan fitur sistem keyless berikutnya adalah lebih praktis. Sebab pengemudi tidak perlu mengeluarkan kunci mobil dan memasukkan kunci mobil ke dalam lubang. Pengemudi hanya perlu mendekat ke pintu, otomatis kunci terbuka, duduk di kokpit, injak rem dan tekan tombol start engine. Namun tergantung jenis keyless  yang diterapkan di setiap mobil. Pada umumnya sistem keyless sudah termasuk fitur kunci otomatis saat pengemudi menjauh dari kendaraan. Sehingga akan memudahkan pengemudi untuk mengunci mobil dari jarak jauh.

Kelemahan Fitur Keyless

Setelah memahami beberapa kelebihan dari fitur keyless, pada bagian ini HSR Wheel akan membahas mengenai kekurangan fitur keyless pada mobil. Berikut ini kekurangan fitur keyless!

1. Masalah Pada Rolling Code

Kelemahan dari fitur keyless entry yang pertama adalah masalah pada rolling code. Rolling code merupakan bagian dari smart key yang berperan untuk mengirimkan gelombang radio ke tuner mobil. Rata-rata rolling code memiliki masa aktif sekitar lima tahun. Apabila melebihi dari waktu tersebut biasanya akan membuat fitur keyless entry tidak bisa berfungsi. Oleh sebab itu, perlu dibawa ke bengkel untuk mengganti rolling code.

2. Gangguan Gelombang

Gelombang radio merupakan salah satu hal terpenting untuk menunjang kerja dari fitur keyless. Gelombang radio akan terganggu apabila pengemudi memarkirkan kendaraannya dekat dengan pemancar radio, parkir di daerah yang terdapat Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler, dan sebagainya.

Apabila gelombang pada fitur keyless mengalami gangguan maka secara otomatis fitur smart key pada mobil akan mati secara mendadak. Solusinya pengemudi hanya perlu untuk mendekatkan keyless ke tombol start/stop engine sambil sambil menginjak pedal rem sampai lampu indikator berubah menjadi warna hijau. Cara ini agar receiver bisa menerima gelombang radio yang dikirim smart key lebih baik.

3. Baterai Sering Lemah

Kelemahan yang terakhir adalah baterai dari keyless sering lemah. Hal tersebut tentu akan membuat pengemudi menjadi sulit untuk membuka pintu mobil dan menghidupkan mobil.

Oleh karena itu, pengemudi harus memperhatikan masa baterai. Baterai melemah dapat dilihat dari redupnya lampu indikator yang terdapat pada smart key. Selain itu, respon yang dihasilkan juga lebih lambat dari biasanya.

Umumnya usia baterai sekitar tiga tahun. Oleh karenanya, setelah waktu tersebut sebaiknya segera ke bengkel resmi terdekat agar dapat kembali bekerja optimal.

Baca Juga: Smart Keyless Entry Mobil Bermasalah? Ini Penyebabnya

Pertanyaan Seputar Keyless dan Immobilizer

mobil dengan sistem keyless entry mempunyai risiko pencurian yang lebih tinggi. Sebab para pencuri hanya memerlukan waktu beberapa detik saja untuk melakukan pembobolan dengan menggunakan alat yang mampu menangkap sinyal yang dipancarkan
Toyota Agya GR Sport, Renault Triber RXZ M/T, Suzuki Ignis GX.
Immobilizer adalah fitur yang berfungsi untuk mencegah mesin hidup karena kunci kontak tidak sesuai. Bahkan ketika pattern kunci itu sendiri sama. Sistem ini bekerja dengan memanfaatkan variasi gelombang radio sebagai identitas kunci pada mobil
Bisa namun untuk menduplikasi biasanya ada lock smith. Lock smith ini akan meminta data kendaraan seperti STNK dan BPKB.
Biaya untuk menduplikasi kunci immobilizer mulai dari Rp 5 juta rupiah. Tergantung dengan jenis mobil tersebut. Semakin sulit pengerjaannya, semakin mahal harganya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan