Cara Membaca Ukuran Velg Mobil Agar Tidak Salah Modifikasi

Ukuran Velg Mobil

Cara Membaca Ukuran Velg Mobil- Hampir setiap orang yang memiliki kendaraan, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat pastinya pernah mengubah tampilan luarnya agar terlihat lebih keren dari sebelumnya.

Namun, apabila kamu salah memilih ukuran ban atau pelek. Malah akan membuat performa kendaraanmu menjadi semakin buruk. Bukannya membuat mobilmu terlihat lebih keren tapi malah akan merusak kinerja sistem pada mobilmu.

Oleh karena itu, kamu harus bisa mengetahui cara membaca ukuran velg mobil. Berikut cara membaca ukuran velg mobil.

Baca artikel: 6 Tips Membeli Velg Mobil Bekas Agar Tak Salah Pilih

Cara Membaca Ukuran Velg Mobil

Untuk membaca kode yang tertera pada velg bukanlah hal yang tersulit namun jarang sekali para pemilik kendaraan bisa membaca kode yang ada di dalam velg. Mungkin karena minimnya informasi mengenai cara membaca ukuran velg dan ban.

Berikut contoh cara membaca ukuran velg mobil, misalnya di pelek mobilmu terdapat kode produksi 13Jx20 H2 7×112 ET-30 yang digunakan sebagai tanda untuk memasang baut. Ini artinya ada 7 jumlah baut dan angka 112 itu artinya jarak antara Pitch Center Diameter dengan lubang roda pada pelek. Nah berarti kalau gitu, pelek mobilmu membutuhkan 7 baut dengan jarak 112.

Kode 13Jx20 itu disebut sebagai diameter pelek atau kebanyakan orang menyebutnya sebagai kode ring. Angka 13 itu sebagai lebar pelek mobil dan angka 20 itu sebagai diameter. Kode J itu sering disebut sebagai jarak flens. Untuk jarak flens dibagi menjadi dua bagian yaitu J dan JJ. Untuk kode pelek J untuk diameter pelek  sebesar 15 inci dengan tinggi sebesar 17,5 mm dan kode pelek JJ, memiliki ukuran diameter pelek yang besar atau ring besar dengan tinggi sebesar 18 mm. Untuk kode H2 sebagai cekungan pelek yang memiliki fungsi agar ban mobil tidak melaju saat dikendaraainya. Terdapat berbagai macam model hump pelek mobil, seperti H2,CH, EH2, EH2+, FH, dan FH2

Sedangkan ET merupakan kepanjangan dari offset pelek. Offset pelek itu dapat diartikan sebagai penampang luar pelek yang menuju ke luar dan dalam. Untuk offset sendiri, ditandai angka 0, (-) negatif, (+) positif. Bila offset velg bernilai 0 maka baut velg berada di tengah-tengah.

Tanda (+) pada velg memiliki arti bahwa kedudukan baut mengarah ke dalam dengan permukaan yang tipis, sedangkan tanda (-) memiliki arti bahwa kedudukan baut mengarah ke luar dengan permukaan yang tebal.

Sekarang kamu sudah tahu kan cara membaca ukuran velg mobil. Berarti kalau ET-30 itu apa dong artinya? ET-30 itu berarti kedudukan baut mengarah ke luar sebanyak 30 mm dengan permukaan yang tebal.

Velg Mobil di HSR Wheel

HSR Wheel merupakan brand lokal yang menjual velg mobil dengan kualitas yang terbaik di Indonesia dan memiliki 1000 lebih varian model, warna, dan ukuran pelek. Produk dari HSR Wheel sudah teruji dan berstandar internasional. HSR Wheel telah tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti  di Jakarta, Bekasi, Cirebon, Bogor, Bandung, Malang, Lampung, Semarang, Surabaya,  Pontianak, Manado, Makassar, Aceh, Bali, Medan, Palembang, Samarinda, Balikpapan, Padang, Riau, dan banyak Kota lainnya.

Berikut  catalog velg berdasarkan tipe style. Silakan kunjungi velg racingvelg jdmvelg celongvelg offroadvelg original

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara membaca ukuran pelek mobil? Semoga bermanfaat

Baca Artikel Menarik lainnya: Mengenal Mobil JDM Hingga Tips Modifikasi Velg JDM

 

 

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan