Lampu Indikator Rem ABS Mobil Nyala terus? Ini Dia Solusinya!

Lampu Indikator Rem ABS

Mobil keluaran terbaru rata-rata memiliki lampu indikator rem Anti-lock Brake System (ABS) pada bagian panel indikator. Lampu indikator ini akan menyala saat rem ABS bekerja. Namun, jika lampu ABS menyala terus padahal rem mobil tidak diinjak, dapat diartikan bahwa lampu ABS mengalami kerusakan.

Lampu ABS rusak dapat disebabkan karena beberapa hal, yakni minyak rem mobil berkurang atau rendah, unit kontrol mengalami masalah, masalah kabel di dalam sistem mesin, dan banyak lagi. Lantas bagaimana solusinya?

Berikut ini solusi untuk mengatasi lampu rem ABS menyala terus. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Rem Mobil Bagel? Begini Penyebab dan Solusinya

Solusi Mengatasi Lampu Indikator Rem ABS

Yang Menyala Terus

rem abs
rem abs

Berikut ini solusi untuk mengatasi lampu ABS yang menyala terus, seperti yang dikutip dalam Auto2000. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

1. Cek Sensor Lampu ABS

Sensor rem ABS
Lampu ABS menyala

Apabila lampu ABS menyala terus, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek sensor lampu ABS yang berada dekat dengan roda depan. Cek apakah lampu ABS mengalami kerusakan atau tidak.

Kerja sensor juga mendeteksi saat brake pads sudah mulai tipis. Sehingga permukaan minyak rem akan turun secara otomatis. Hal inilah yang membuat lampu ABS menyala terus meski tidak ada injakan pedal gas.

2. Bersihkan Throttle Body

throttle body
Throttle body (sumber: flickr)

Lampu ABS yang menyala terus juga dapat disebabkan karena throttle body-nya kotor,  sehingga perlu dibersihkan. Cara membersihkannya, kamu hanya perlu membuka selang saluran udara pada bagian mesin mobil dan semprotkan cairan pembersih ke throttle body.

Sebaiknya gunakan pembersih yang memiliki kualitas tinggi, kamu bisa membelinya pada toko onderdil mobil. Setelah dibersihkan, biasanya mesin akan batuk-batuk. Namun, hal ini tidak akan berlangsung lama. Apabila mesin telah normal kembali maka akan hilang dengan sendirinya.

3. Bawa ke Bengkel

bengkel mobil
bengkel mobil (sumber: kompas)

Cara terakhir untuk mengatasi lampu ABS yang menyala terus, yaitu dengan membawa ke bengkel yang berkualitas. Sebab bengkel mekanik di sana akan mengetahui apa permasalahan sebenarnya pada mobil Anda.

Nah itu dia, 3 cara mengatasi lampu indikator rem ABS yang menyala terus. Dengan adanya artikel ini diharapkan pemilik mobil rajin untuk membersihkan bagian dalam mesin mobil secara rutin.

Baca Juga: Ini Dia, Waktu Terbaik Untuk Ganti Minyak Rem Mobil

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan