Apakah Knalpot Bocor Bikin Boros Bensin?

Apakah knalpot bocor bikin boros bensin

Knalpot merupakan bagian dari mobil yang memiliki peran sebagai pembuangan sisa-sisa gas pembakaran. Selain itu, knalpot juga berfungsi untuk mengoptimalkan tenaga mesin, membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien serta bisa mengurangi suara bising yang disebabkan oleh sistem pembuangan.

Oleh karenanya, seluruh pengguna mobil agar selalu merawat bagian knalpot dan menggantinya apabila mengalami kerusakan atau kebocoran. Sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan kondisi knalpot mobil dan membiarkan knalpot dalam kondisi bocor atau rusak. Khususnya mobil lawas yang telah berusia lebih dari 10 tahun.

Knalpot bocor tidak hanya disebabkan karena faktor usia mobil. Namun, juga bisa disebabkan karena benturan atau gesekan dengan permukaan jalan. Lantas apakah benar, knalpot bocor bikin boros bensin? Agar menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran

Apakah Benar Knalpot Bocor Bisa Bikin Boros Bensin?

Knalpot yang retak atau bocor tentu memiliki pengaruh buruk terhadap performa mobil. Sehingga bisa menurunkan kinerja mesin. Sebab tekanan gas buang yang seharusnya ditahan dulu dari depan sampai belakang, dan baru dibuang ketika berada di bagian lubang belakang.

Karena ada lubang yang bocor pada bagian depan atau di tengah yang membuat gas buang sudah terbuang meski baru sampai bagian depan atau tengah. Akibatnya, pengendara harus menekan pedal gas lebih dalam dari kondisi normal agar tenaga yang diperoleh lebih maksimal.

Sehingga bahan bakar yang dibutuhkan tentu akan lebih besar. Akibatnya konsumsi bahan bakar menjadi lebih meningkat atau boros. Selain itu, knalpot bocor juga bisa membuat polusi udara yang dihasilkan juga lebih banyak karena asap knalpot yang biasanya keluar melalui lubang di bagian belakang, kini justru keluar melalui lubang yang bocor atau retak di sisi tengah atau depan.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan diwajibkan untuk memperhatikan kondisi knalpot dan apabila mengalami kebocoran atau kerusakan, segera bawa ke bengkel terdekat untuk diganti. Selain, memperhatikan kondisi knalpot, pemilik mobil juga diwajibkan untuk memperhatikan kondisi kaki-kaki mobil, seperti ban dan velg mobil.

Sebab kaki-kaki mobil yang bermasalah juga akan mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Bagi kamu yang ingin melakukan spooring dan balancing agar keamanan dan kenyamanan saat berkendara meningkat.

Kamu bisa datang ke diler HSR Wheel yang terdekat di kota kamu. Sehingga akan mengembalikan performa mobil kamu. Informasi lebih lanjut, kamu bisa chat customer WA kami melalui link di bawah ini.

Chat Disini

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan