Apakah Mobil Listrik Aman Saat Terkena Banjir?

Apakah Mobil Listrik Aman Saat Terkena Banjir?

Mobil listrik merupakan mobil yang ramah lingkungan sehingga kehadirannya mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya Pemerintah. Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo menyarankan agar para pegawainya memakai mobil listrik sebagai mobil dinasnya.

Hal ini tertuang ke dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Listrik (Battery Electic Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Selain mewajibkan pegawainya untuk menggunakan mobil listrik, Pemerintah juga memberikan pajak insentif bagi pengguna mobil listrik dan memperbanyak SPBLU di berbagai daerah. Namun, terdapat beberapa pertanyaan dari masyarakat mengenai apakah mobil listrik aman saat kena banjir? Untuk menjawab pertanyaan tersebut. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Apakah Mobil Listrik Aman Saat Kena Banjir?

Amankah Mobil Listrik Digunakan Saat Banjir
Amankah Mobil Listrik Digunakan Saat Banjir

Berdasarkan berbagai sumber yang telah kami himpun, menyatakan bahwa mobil listrik memiliki resiko yang sama seperti mobil konvensional. Oleh karena itu, mobil listrik aman saat melewati genangan air. Sebab mobil listrik telah dikembangkan dengan menggunakan standar IP (Ingress Protection), misal IP 55, IP 45, dan IP 57.

Semisal mobil listrik tersebut menggunakan spek IP 57, artinya aman dari rendaman air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Meski begitu, alangkah lebih baiknya untuk tetap menghindari genangan air yang tinggi. Karena di dalam mobil listrik terdapat komponen elektrikal inverter dan motor listrik. Di mana komponen ini tidak sepenuhnya tertutup. Sehingga ada batas ketinggian air.

Apabila air terlalu tinggi, maka memungkinkan air akan mengenai komponen-komponen elektrikal yang terekspos. Hal ini akan mengakibatkan terjadi induksi yang membuat arus listrik positif dan negatif saling bersinggungan saat terendam banjir. Lantas bagaimana cara mengatasi banjir saat mengendarai mobil listrik. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya teman-teman Haiser!

Baca Juga: Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Cara Mengatasi Banjir Saat Menggunakan Mobil Listrik

Cara Melewati Jalanan Banjir
Cara Melewati Jalanan Banjir

Sewaktu terjadi banjir, mobil listrik memang riskan bermasalah karena air dapat masuk ke mesin dan mengganggu sistem kelistrikan, Sebenarnya mobil listrik masih aman digunakan apabila melewati genangan air rendah. Karena baterai mobil listrik telah dirancang untuk resisten terhadap benturan sampai kontaminasi air. Lantas bagaimana cara mengendarai mobil listrik saat banjir?

Dilansir dari The Day, terdapat beberapa prinsip unruk memastikan keamanaan mobil listrik saar terkena banjir:

  1. Jangan pernah mengemudi mobil listrik apabila telah mengetahui kedalaman banjir
  2. Jangan mengemudi mobil listrik saat banjir bergerak cepat.
  3. Saat mobil listrik mogok, segera tinggalkan dan cari tempat yang lebih tinggi.
  4. Sebaiknya hindari jalanan yang terendam banjir. Karena banjir dapat membawa batu, trotoar, puing-puing, dan rintangan lain yang bisa merusak atau melumpuhkan mobil kamu.

Nah itu dia, jawaban mengenai apakah mobil listrik aman saat kena banjir dan bagaimana cara mengemudi mobil listrik saat terjadi banjir.

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik dan Biayanya!

 

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan