3 Jenis Velg Mobil Berdasarkan Konstruksi. Catat Ini!

3 Jenis Velg Mobil Berdasarka Konstruksinya

Velg mobil merupakan salah satu bagian terpenting dalam berkendara meski letaknya berada di bawah mobil. Selain memiliki peran penting dalam berkendara, velg mobil juga dapat digunakan untuk menunjang penampilan mobil agar terlihat lebih gagah dan gahar.

Berdasarkan konstruksinya, velg mobil dibedakan menjadi tiga jenis velg, yaitu velg monoblock, velg 2 piece, dan 3 piece. Jenis velg ini juga biasanya disebut dengan velg 1 piece dan multi piece.

Ketiga jenis velg tersebut dapat dipasang pada berbagai jenis mobil tergantung dengan jenis modifikasinya. Setiap jenis velg akan berbeda cara pemasangan dan tampilannya. Untuk lebih jelas mengenai ketiga jenis velg tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

3 Jenis Velg Mobil Berdasarkan Konstruksinya

Velg mobil berdasarkan konstruksinya dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu velg monoblok atau 1 piece, 2 piece, dan 3 piece. Ketiganya memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini perbedaan dari 3 jenis velg berdasarkan konstruksinya, simak artikel di bawah ini sampai habis yaa!

1. Velg Monoblock

Jenis Velg Monoblock
Jenis Velg Monoblock

Velg mobil monoblock merupakan velg mobil yang memiliki harga paling terjangkau diantara kedua jenis mobil lainnya. Velg ini hanya memiliki satu bagian saja. Velg ini dibuat dari hasil cetakan yang menyatukan beberapa komponen velg menggunakan las.

Karena menggunakan las membuat velg ini tidak memiliki banyak tampilan gaya. Namun, velg yang satu ini lebih kuat dan kokoh dibanding dengan ketiga jenis lainnya. Kelebihan dari jenis velg ini adalah biaya pembuatan yang lebih murah dan mudah dibandingkan velg multipiece seperti 2 piece dan 3 piece.

2. Velg 2 Piece

Jenis Velg Mobil Two Piece
Jenis Velg Mobil Two Piece

Velg 2 piece merupakan velg yang terdiri dari 2 bagian yang disatukan. Bagian tersebut ada barrel yang disatukan dengan palang atau barrelnya jadi satu dengan lips (bibir velg). Jenis velg ini berbeda dengan velg monoblock. Kalau velg monoblock sulit untuk dimodifikasi, namun jenis velg ini sangat mudah untuk dimodifikasi.

Karena bagian komponennya dapat dipisahkan. Konstruksi jenis velg ini banyak ditemukan pada velg aftermarket, meskipun ada beberapa velg standar yang menggunakannya, contohnya mobil BMW.

3. Velg 3 Piece

Jenis Velg Three Piece
Jenis Velg Three Piece

Velg 3 piece merupakan velg yang terdiri dari 3 bagian. Komponen tersebut terdiri dari center, lips, dan inner barrel. Kelebihan dari jenis velg ini sama dengan velg 2 piece, yaitu pemilik bisa memodifikasi velg sesuai dengan keinginannya karena ketiga bagian dapat dengan mudah untuk dibongkar pasang.

Biasanya jenis velg 3 piece dibuat berdasarkan permintaan dari konsumennya. Jadi, velg ini tidak mudah ditemukan di diler-diler. Contoh velg 3 piece yang pernah HSR Wheel buat adalah velg 3 piece untuk mobil Audi R8 milik Gading Marten yang dilombakan pada ajang Perang Bintang 2022. Velg tersebut bernama HSR Forged BTX II Face.

Kesimpulan

Berdasarkan konstruksinya, velg mobil dibedakan menjadi tiga jenis velg, yaitu velg monoblock, 2 piece, dan 3 piece. Ketiganya memiliki fungsi yang sama, hanya saja memiliki model pembuatan dan pemasangan yang berbeda. Bagi kamu yang ingin membeli ketiga velg mobil tersebut, kamu bisa membelinya di diler HSR Wheel yang telah tersebar di berbagai kota. Kenapa harus menggunakan velg HSR Wheel? Karena velg HSR telah lulus uji SNI, VIA, dan JWL. Sehingga dijamin aman dan nyaman saat digunakan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan