Tips Memilih Dashcam Mobil Agar Terhindar Dari Kejahatan

Tips Memilih Dashcam

Bagi kamu yang memiliki kendaraan roda empat, khususnya mobil maka kamu wajib berhati-hati saat berkendara. Sebab tindakan kejahatan di jalan raya semakin marak terjadi khususnya di Ibu Kota. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki dashcam yang dipasang pada mobilmu.

Dashcam merupakan alat untuk merekam terjadinya suatu peristiwa saat kamu sedang dalam perjalanan. Dashcam seperti sebuah alat CCTV yang bisa menyimpan semua rekaman pada memori perangkatmu.

Dengan kamu memiliki rekaman berupa video maka akan bisa menjadi bukti apabila terjadi pertingkaian di antara sesama pengguna kendaraan, merekam modus penipuan di jalanan, atau bisa mencegah terjadinya pencurian pada mobilmu. Sehingga jika kamu sudah memasang dashcam pada mobilmu berarti kamu telah mengurangi marabahaya.

Untuk saat ini, dashcam telah tersedia dalam berbagai merek, harga, ataupun fitur. Banyaknya jenis dashcam membuat pemilik mobil kebingungan dalam memilihnya. Oleh karena itu, sebelum kamu membeli sebuah dashcam maka kamu harus mengetahui kelemahan dan kelebihannya dari dashcam tersebut.

Di artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana tips memilih dascham mobil yang tepat, cara memasang dashcam, dan rekomendasi dashcam mobil.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Inilah 6 Fitur Keselamatan pada Mobil

Tips Memilih Dashcam Mobil Agar Perjalananmu Aman

1. Perhatikan Resolusi

Sebelum kamu membeli sebuah dashcam maka hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memperhatikan resolusi gambar. Semakin tinggi resolusi gambarnya maka tingkat ketajaman kameranya akan semakin bagus. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membeli dashcam mobil yang memiliki resolusi gambar yang tinggi atau Full HD 1080 pxl.

2. Memilih Dashcam Yang Bisa Merekam Audio

Sebaiknya kamu membeli dashcam mobil yang bisa merekam audio karena tidak semua dashcam bisa merekam audio. Rekaman audio sangat dibutuhkan khususnya ketika kamu sedang beradu argumen dengan pemilik kendaraan lain di jalan.

3. Perhatikan Sudut Lensa

Saat hendak membeli dashcam, maka pilihlah dashcam yang memiliki sudut tangkapan lensa yang luas. Karena dengan begitu akan banyak objek yang tertangkap oleh kamera.

4. Membeli Dashcam Yang Dilengkapi Dengan Fitur Mode Malam

Bagi kamu yang sering berkendara pada malam hari maka kamu wajib banget memilih dashcam yang ada fitur mode malam. Tujuannya agar bisa menangkap objek dengan jelas saat di malam hari.

5. Beli Dashcam Yang Memiliki RAM Besar

Alangkah baiknya kamu membeli dashcam yang memiliki penyimpanan yang besar. Tujuannya agar bisa menyimpan file dalam format universal.

Cara Memasang Dashcam Pada Mobilmu

Memasang dashcam mobil cukup mudah. Kamu bisa memasangnya pada bagian depan, tengah, kanan, atau kiri mobil. Namun, lebih bagusnya lagi jika kamu memasang dashcam pada bagian belakang spion tengah mobil agar pengambilan gambar lebih optimal. Sedangkan untuk kabelnya, kamu bisa memasukan kabelnya pada sela-sela dasbor agar tidak mengganggu.

Rekomendasi Dashcam Mobil

1. Dashcam mobil Philips CVR108

Tips Memilih Dashcam
Sumber HSR Wheel

Dashcam ini memiliki kamera dengan lensa sudut 130 derajat. Dengan lensa tersebut, kamu bisa menangkap momen dengan jarak yang lebar dan luas. Selain itu, kamu juga mendapatkan kualitas gambar yang cukup jelas dan dashcam ini memiliki fitur G-sensor Lock.

Baca Juga: 5 Tips Ini Dapat Mencegah Kebakaran Mobil

2. Dashcam mobil DOD LS430W car DVR

Tips memilih dashcam

Kamera dashcam DOD LS430W car DVR sekitar 112.4 x 65 x 32.8 mm dengan ukuran layar 2.7 inci. Selain itu, dashcam ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang berukuran 500 mAh 3.7V dilengkapi dengan sensor 1/3 CMOS sensor.

3. Blackvue DR490-2CH

Tips Memilih Dashcam Mobil

Dashcam Blackvue DR490-2CH memiliki sensor Sony STARTVIS. Sensor ini akan membuat hasil rekamannya sangat jelas meskipun itu saat malam hari. Selain itu, dashcam ini bisa merekam audio meski berada di luar jangkauan kamera.

4. Blackbox G1W

Kamera pada dashcam ini hadir dengan layar LCD 2.7 TFT, dan sensor 3M CMOS dan telah full HD. Dashcam ini memiliki beberapa fitur, yaitu TV-out, motion detection, dan microphone yang berguna untuk mengawasi setiap kegiatan di luar.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara memilih dashcam mobil dan rekomendasi dashcam yang sebaiknya kamu beli.

Baca Juga: Modifikasi Mobilio Agar Terlihat Lebih Keren

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan